Hidup Sehat dengan Makanan Probiotik

07-08-2019 17:07:29 | Penulis : alung

Hidup Sehat dengan Makanan Probiotik
Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang bermanfaat untuk kesehatan ketika dikonsumsi. Tubuh Anda penuh dengan bakteri, mulai dari yang baik hingga buruk. Probiotik sering disebut bakteri "baik" atau "membantu" karena bekerja menjaga kesehatan usus.

Elie Metchnikoff adalah seorang ahli zoologi Rusia yang terkenal karena penelitiannya dalam bidang imunologi dan yang pertama kali mengenalkan konsep probiotik.

Probiotik yang biasanya merupakan bakteri menguntungkan, memberikan segala macam manfaat kuat untuk tubuh dan otak Anda. Di antaranya yaitu dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, mengurangi depresi dan meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa bukti menunjukkan bahwa probiotik bisa membuat kulit Anda terlihat lebih baik. Mendapatkan probiotik dari suplemen memang sangat mudah, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya dari makanan fermentasi.

Apakah Anda tahu ada ratusan manfaat kesehatan lain dari mengonsumsi makanan kaya probiotik yang mungkin tidak Anda sadari? Simak deretan makanan dan minuman probiotik di sini!

1. Kefir 


Kefir adalah minuman susu fermentasi yang tak hanya mengandung probiotik. Makanan ini merupakan sumber kalsium dan protein. Protein dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

2. Miso 


Miso adalah pasta yang terbuat dari kedelai di fermentasi. Makanan ini biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam sup miso. Makanan ini adalah sumber mineral antioksidan yang baik seperti tembaga, mangan dan seng. Miso juga mengandung fitonutrien dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Makan lebih banyak miso bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke.

3. Tempe


Makanan yang terbuat dari kedelai difermentasi ini mengandung sejumlah manfaat kesehatan, seperti protein yang membantu membangun dan memperbaiki otot dan membuat kita merasa kenyang. Tempe bisa menjadi pengganti daging yang bagus untuk hidangan apa saja. Ini sangat serbaguna dan cenderung cepat menyatu dengan rasa lain yang disajikan bersamanya.

4. Kombucha atau Teh Jamur 


Teh yang sedikit bersoda dan asam ini tidak hanya mengandung probiotik, tetapi juga mengandung vitamin B. Teh jamur juga membantu menopang sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

5. Acar 


Selain mengandung probiotik yang bermanfaat bagi usus. Makanan ini rendah lemak dan kalori, namun, kaya akan serat dan Vitamin A serta K. Meski demikian konsumsi acar secukupnya saja, karena acar mengandung natrium yang tinggi.

6. Yogurt


Yogurt memang tidak populer untuk sarapan pagi, tapi ternyata memiliki manfaat besar. Yogurt mengandung biakan hidup dan aktif termasuk lactobacillus bulgaricus. Lactobacillus bulgaricus mampu menghasilkan asam laktat yang membantu melawan bakteri buruk. 

7. Kimchi 


Makanan fermentasi seperti kimchi yang merupakan makanan pokok Korea, biasanya dibuat dari sayuran asin dan fermentasi seperti kol dan lobak dan dibumbui dengan bubuk cabai, jahe dan bawang putih. Makanan ini dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mengatur keseimbangan mikroflora di usus, mengurangi masalah perut seperti diare dan sembelit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kimchi adalah sumber vitamin C dan serat.

Sudah waktunya untuk mulai mengonsumsi makanan probiotik ini untuk kesehatan yang lebih baik. Anda dapat makan berbagai jenis probiotik, karena masing-masing probiotik menawarkan jenis bakteri menguntungkan yang berbeda dalam membantu tubuh dengan berbagai cara.

Tags : makanan probiotik makanan sehat

eatologi.com © 2019 | All Right Reserved


DO YOU WANT
RECOMMENDATIONS
FOR TASTE ?
ASK US !